Sampingan

Mengurangi penggunaan plastik saat belanja?

Sudah banyak orang yang mendiskusikan tentang pentingnya mengurangi pengunaan kantong plastik. Tapi berapa banyak yang sudah betul-betul berhenti memakai kantong kresek saat belanja?

Mungkin Sobat greeners bertanya, “Memang kenapa tidak boleh pakai kresek? Kan, kresek itu gratis dan praktis?!”

Betul! Namun, tiap tahun jutaan kantong kresek dibuang setelah dipakai hanya satu kali. Kresek jadi sampah–dibuang dan dibakar. Kemudian, kresek akan masuk ke got, menyumbat aliran air dan menyebabkan banjir. Selain itu plasti juga memerlukan waktu ±50.000 tahun untuk terurai.

Ikuti beberapa greentips berikutnya supaya ketika sobat greeners diberikan kantong kresek saat di kasir, kamu bisa jawab: “Tidak perlu, saya bawa tas sendiri!”

1. Senantiasa simpan tas belanja di dalam tas (ransel) dan kendaraan sobat greeners. Biar kamu tidak perlu pakai kresek lagi, simpan tas tersebut di bawah kursi sepeda motor, di dalam mobil, atau di ransel sobat greeners… biar kamu gak perlu lagi mengeluh, “wadooooh, saya lupa lagi bawa tas belanja”.

2. Beli tas yang mudah dilipat dan dibawa ke mana-mana

3. Bawa kantong plastik yang bisa dipakai ulang untuk sayuran dan buah, dan karyawan di pasar swalayan tidak keberatan kalau kamu bawa kemasan sendiri.

4. Ingatkan kasir bahwa sobat greeners tidak perlu kantong kresek. Biasanya kasir secara otomatis memasukkan belanjaan si pembeli ke dalam kantong kresek. Saat akan membayar, katakan kalau kamu tidak membutuhkan kantong plastik, sambil menunjukkan tas belanja yang sudah
kamu bawa.

5. Jelaskan pada kasir alasan sobat greeners membawa tas sendiri. Masih banyak orang yang tidak mengerti kenapa kita harus mengindari pakai kemasan plastik yang hanya dipakai satu kali.

Kalau mereka paham alasannya, biasanya mereka akan mendukung upaya seperti ini, apalagi kalau sobat greeners sering belanja di pasar swalayan mereka.

6. Jika lupa membawa tas belanja dari rumah, masukkan belanjaan ke dalam ransel, tas atau kantong celanamu.

Jika hanya membeli produk yang berukuran kecil dan dalam jumlah sedikit, seperti permen, odol, sabun, baterai, atau air kemasan, bawa saja dengan tangan, atau masukkan ke dalam kantong celana atau tas.

©[FHI]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s