Sampingan

Smartphone Ikut Rusak Lingkungan di Bangka

Samsung dan Apple harus ikut bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan di Pulau Bangka Belitung. Produsen smartphone ini menggunakan timah dari perusahaan pertambangan di Bangka.

“Rekan kami di Inggris menemukan bahwa Samsung dan Apple berhubungan dengan perusahaan timah di Bangka. Kedua perusahaan itu mungkin tidak menyadari kerusakan lingkungan di Bangka, tapi dipastikan timah-timah ini berakhir di handphone dan tablet yang mereka buat,” FHI kutip dari bang Pius Ginting juru kampanye energi Walhi.

Di Bangka Belitung terdapat 14 perusahaan timah yang mendapat izin ekspor. Perusahaan terbesar, PT Timah memenuhi sepertiga pasaran timah dunia. PT Timah menguasai 330.664 hektare pertambangan di daratan dan 143.135 hektare di lautan.

Kami mendesak penguasa pasar seperti Samsung dan Apple untuk menyatakan apakah produk eletronik mereka mengandung timah yang merusak lingkungan!

Hasil investigasi Walhi menyatakan penambangan timah di Bangka Belitung menyebabkan tanah tandus. Selain itu, pertambangan menyebabkan krisis air bersih, terumbu karang mati, dan merusak kehidupan masyarakat lokal.

Tambang timah menghancurkan lahan pertanian, merusak terumbu karang, dan menyengsarakan komunitas. Banyak masyarakat terserang malaria.

Kami merekomendasikan Samsung dan Apple menggunakan metode produksi yang lebih ramah lingkungan. Di antaranya memperpanjang usia penggunaan handphone dari 18 bulan menjadi 4 tahun dan menghemat penggunaan energi.

Kami mendesak perusahaan timah transparan tentang dampak rangkaian pasokan mereka.
Pemerintah juga harus tegas agar perusahaan tidak melakukan tindakan sembrono mengejar keuntungan.

Timah sebagian besar digunakan sebagai perekat solder dalam perangkat elektronik. Tablet seperti Apple iPad menggunakan 1 sampai 3 gram timah untuk perekat solder. Sedangkan laptop dan televisi layar datar menggunakan 3,2 gram dan 11,3 gram timah solder.

©[FHI/Antara/Tribun/Kompas/Walhi/Micom/Viva]

Follow us: @forum_hijau

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s